Kisah Nabi Adam A S Dan Perjalanannya Di Dunia

Asalamuallaikum war. wab.


Kisah Nabi Adam A S Dan Perjalanannya di Dunia 


    Sebelum Nabi Adam A S diciptakan. Alloh S. W. T menciptakan langit bumi dan segala isinya, laut, gunung, tumbuhan, hewan. Bintang dan matahari
sebagai sumber panas dan bulan sebagai penerang di malam hari.

     Langit dan bumi diciptakan Alloh S. W. T dalam waktu enam hari atau enam masa. Sedangkan satu hari atau satu masa disisi Alloh S. W. T sama dengan seribu tahun menurut perhitungan manusia. Alloh S. W. T maha kuasa apabila menghendaki sesuatu cukup berfirman " kun" ( jadilah ) maka jadilah apa yang di kehendaki- Nya.

     Sesudah menciptakan langit dan bumi kemudian Alloh S. W. T menciptakan makhluk yang bernama Malaikat. Malaikat diciptakan dari Nur ( cahaya ). Malaikat diciptakan sebagai makhluk yang tunduk dan patuh senantiasa berbakti kepada-Nya. Sama sekali tidak pernah durhaka kepada-Nya.

     Malaikat tidak mempunyai nafsu,tidak makan dan tidak tidur, dan tidak melakukan perbuatan dosa tidak berjenis laki - laki atau perempuan dan mempunyai alam sendiri yaitu alam ghaib yang tidak dapat dilihat oleh manusia.
 
    Sesudah Malaikat kemudian Alloh S. W. T menciptakan Jin dan Iblis yang diciptakan dari api yang sangat panas. Jin dan Iblis diciptakan dalam dua jenis yaitu laki - laki dan perempuan. Jin ada yang patuh dan ada yang ingkar kepada perintah Alloh S. W. T. Jin yang ingkar dan membangkang perintah Alloh S. W. T disebut Iblis dan Setan.

    Iblis dan keturunannya adalah makhluk yang sangat durhaka dan jahat tidak ada kebaikannya sama sekali. Pekerjaan Iblis adalah menggoda manusia agar tersesat dan jatuh dalam lembah dosa. Permintaan Iblis untuk hidup di dunia sampai hari kiamat dikabulkan Alloh S. W. T
sebab dahulu Iblis adalah makhluk yang pernah patuh kepada Alloh S. W. T . Jadi perpanjangan umur bagi Iblis hingga hari kiamat adalah sebagai balasan bagi kebaikannya di masa lalu sebelum diciptakan Nabi Adam A S. Setelah Nabi Adam diciptakan oleh Alloh S. W. T. Iblis menjadi makhluk pembangkang maka ia dikutuk oleh Alloh S. W. T. dan diusir dari surga.

Awal Mula Nabi Adam A S Diciptakan oleh Alloh S. W. T . 

     Setelah Alloh S. W. T menciptakan langit dan bumi serta isinya, Malaikat dan Jin atau Iblis. Maka Alloh S. W. T hendak menciptakan makhluk yang hendak mengelola bumi. Hal itu diutarakan kepada para Malaikat.  Para Malaikat mengira lalai dalam menjalankan tugasnya maka ia berkata " mengapa tuhan tuhan menciptakan manusia ?
Bukankah mereka hanyalah akan berbuat kerusakan diatas bumi. Mereka akan saling bermusuhan dan membunuh. Sedangkan kami Malaikat senantiasa patuh dan mengagungkan Nama - Mu? Untuk melenyapkan kekhawatiran para Malaikat kemudian Alloh S.W. T berfirman :
" Bukanlah Alloh mengetahui atas segala sesuatu "
para Malaikat bungkam dan mendengarkan penjelasan Alloh S. W. T. Kemudian Alloh S. W. T menciptakan Nabi Adam A S dari tanah liat dan lumpur hitam. Setelah terbentuk kemudian dimasukkan Roh ke dalamnya. Adam pun kemudian hidup dan bisa berdiri tegak.

    Kemudian Alloh S. W. T memerintahkan para Malaikat untuk bersujud atau menghormati kepada Nabi Adam A S. Para Malaikat pun sujud sebagai pernyataan hormat atas terciptanya Nabi Adam AS . Lalu Alloh S. W. T menyuruh Iblis untuk bersujud kepada Nabi Adam AS akan tetapi Iblis membangkang perintah Alloh S. W. T dan Iblis tidak mau sujud kepada Nabi Adam A S.

     Lalu Alloh S. W .T bertanya apa yang membuatmu tidak mau sujud kepada Adam ?
Iblis menjawab " saya lebih baik dari Adam. Engkau ciptakan saya dari Api sedang Adam hanya dari segumpal tanah " Iblis menyombongkan diri.
yang berpendapat Api lebih baik daripada tanah adalah Iblis sendiri. Padahal hanya Alloh S. W. T lah yang maha tau siapa yang lebih mulia diantara makhluk ciptaan - Nya.

      Alloh S. W. T murka dengan jawaban Iblis " Hai Iblis keluarlah engkau dari surga, sungguh tidak pantas kau tinggal di surga dan terkutuk lah engkau selama lamanya " Iblis menjawab " Wahai Tuhan Engkau Kutuk aku dan usir aku gara - gara Adam Saya rela. tapi kabulkan lah permintaanku saya ingin hidup lama hingga hari kiamat nanti "
Permohonan Iblis dikabulkan ia akan hidup hingga hari kiamat.

     Iblis kemudian bersumpah, " ya Tuhan karena engkau telah menghukum saya sebagai yang tersesat maka saya akan menghalang - halangi Adam dan keturunannya dan jalan - Mu yang lurus. Saya akan mendatangi mereka dari depan dan belakang dari sumpah Iblis ia bertekad akan menyesatkan Adam dan keturunannya agar mereka menjauhi perintah Tuhan serta berbuat kekacauan di muka bumi, saling bermusuhan dan saling membunuh satu sama lain.

      Alloh S. W. T berfirman " Untuk melawan segala tipu daya dan akal busuk mu, Aku beri manusia senjata yang ampuh. Dengan akal itu Aku bimbing mereka dengan petunjuk - petunjuk ( agama ). Aku tuntun mereka ke jalan yang benar . Dengan akal itu manusia akan mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Siapa yang tidak menggunakan akalnya tentu dapat kau sesatkan. Mereka yang sesat itu, akan mempertanggungjawabkan perbuatannya pada - Ku di hari kemudian !"

      Mendengar Firman Alloh S. W. T . Iblis semakin benci kepada Adam. Diperiksanya seluruh tubuh Adam. Ia ingin mencari titik kelemahan Adam. Akhirnya dapat ditemukannya yaitu nafsu. Nafsu cenderung melakukan perbuatan yang buruk. Bila
manusia cenderung menurutkan nafsunya maka sangat mudah bagi Iblis untuk menjerumuskannya.

       Alloh S. W. T kemudian mengajarkan kepada Adam nama - nama benda yang dilihatnya. Dengan demikian Adam mengetahui nama - nama benda yang ada di muka bumi. Itulah pengetahuan pokok yang nantinya digunakan untuk mengatur dan memelihara bumi. berfirman Alloh S. W. T pada para Malaikat " Sebutkan lah kepada - Ku nama - nama benda itu ! "

       " Maha Suci Engkau ya Alloh . Tidak ada yang kami ketahui selain apa yang Engkau ajarkan kepada kami. Hanya Engkaulah yang mengetahui segala - galanya " kata para Malaikat dengan penuh takzim.

Comments