kisah dan sejarah Nabi dan Rasul Alloh perjalanan para Nabi dan Rasul Alloh di dunia

kisah dan sejarah Nabi dan Rasul Alloh perjalanan para Nabi dan Rasul Alloh di dunia

1. kisah Nabi Adam AS

    Nabi Adam adalah manusia pertama yang Alloh ciptakan untuk merawat dan menjaga bumi ini. Akan tetapi Nabi Adam AS diciptakan oleh Alloh SWT menciptakan langit, bumi, malaikat, dan iblis.
Langit dan bumi Alloh SWT ciptakan dalam waktu enam hari atau masa. Sedangkan satu hari atau masa disisi Alloh SWT sama dengan seribu tahun menurut perhitungan manusia. Sesudah langit dan bumi, malaikat dan jin atau iblis diciptakan. Maka Alloh SWT hendak menciptakan makhluk yang akan diperintah untuk mengelola bumi. Hal itu diutarakan kepada para malaikat. Para malaikat mengira lalai dalam menjalankan tugasnya maka mereka berkata " Mengapa tuhan menciptakan manusia? Bukankah mereka hanya akan berbuat kerusakan diatas bumi. Mereka akan saling bermusuhan dan membunuh. Sedangkan kami para malaikat senantiasa patuh dan mengagungkan namaMu "

     Untuk melenyapkan kekhawatiran para malaikat itu Alloh SWT kemudian berfirman. Para malaikat bungkam mendengarkan penegasan Alloh SWT Bukankah Alloh maha mengetahui atas segala sesuatu? Demikianlah Alloh SWT kemudian menciptakan Adam dari tanah liat dan lumpur hitam. Setelah terbentuk kemudian dimasukkan roh ke dalamnya. Adam pun kemudian hidup. Bisa berdiri tegak. Alloh SWT kemudian memerintahkan para malaikat untuk bersujud atau menghormati kepada Adam AS. Para malaikat pun bersujud sebagai pernyataan hormat dan ucapan selamat atas terciptanya Adam AS. Akan tetapi iblis menolak untuk sujud kepada Adam, iblis membangkang perintah Alloh SWT lalu Alloh bertanya "  Apakah yang membuat engkau tidak mau bersujud kepada Adam ?"

     Lalu iblis menjawab " Saya lebih baik daripada Adam. Engkau ciptakan saya dari api sedangkan Adam hanya dari segumpal tanah."  Yang berpendapat api lebih baik daripada tanah iblis sendiri. Padahal hanya Tuhan yang maha tahu siapa yang lebih mulia diantara makhluk ciptaanNya. Alloh SWT murka mendengar jawaban iblis, lalu Alloh SWT mengusir iblis dari surga " Hai iblis keluarlah engkau dari surga sungguh tidak patut kau tinggal disini ( surga ) dan terkutuklah engkau selama - lamanya !"  Lalu iblis pun menjawab " Wahai Tuhan ! Engkau kutut dan usir aku dari surga karena Adam. Saya rela. Tapi kabulkanlah permohonan saya untuk hidup lama hingga hari kiamat nanti "  Permohonan iblis pun dikabulkan ia akan dibiarkan hidup sampai hari kiamat tiba. Iblis kemudian bersumpah, Ya Tuhan Karena Engkau telah menghukum saya sebagai yang tersesat maka saya akan menghalang - halangi Adam dan keturunannya dijalan - Mu yang lurus. saya akan mendatangi mereka dari muka dan belakang. Dari itulah sumpah iblis ia bertekad  akan menyesatkan Adam dan keturunannya agar mereka menjauh dari perintah Alloh SWT dan berbuat kekacauan dimuka bumi, saling bermusuhan dan membunuh satu sama lain.

      Alloh SWT berfirman, " Untuk melawan segala tipu daya dan akal busukmu Aku ( Alloh ) beri manusia senjata yang ampuh. Dengan akal itu aku bimbing mereka dengan petunjuk - petunjuk ( agama ) Aku tuntun mereka ke jalan yang benar. Dengan akal itu manusia akan mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Siapa yang tidak menggunakan akalnya tentu dapat kau sesatkan. Mereka yang sesat itu, akan mempertanggungjawabkan perbuatannya pada - Ku di hari kemudian !"
Mendengar firman Alloh, iblis semakin benci kepada Adam, ia kemudian mendekati Adam. Diperiksanya seluruh tubuh Adam, ia ingin mencari titik kelemahan Adam, akhirnya dapat ditemukannya yaitu nafsu. Nafsu cenderung melakukan perbuatan yang buruk. Bila manusia cenderung menurutkan hawa nafsunya maka sangat mudah bagi iblis untuk menjerumuskannya. Alloh SWT kemudian mengajarkan kepada Adam AS nama - nama benda yang dilihatnya. Dengan demikian Adam mengetahui nama benda yang ada dimuka bumi. Itulah pengetahuan pokok yang nanti diperuntukan untuk mengatur dan memelihara bumi.

      Kepada para malaikat, Alloh SWT ingin membuktikan kemampuan manusia untuk mengatur dan memelihara bumi. Berfirman Alloh SWT kepada para malaikat  " Sebutkanlah Kepada- Ku nama - nama benda itu !"
" Maha Suci Engkau ya Alloh. Tidak ada yang kami ketahui selain apa yang Engkau ajarkan kepada kami. Hanya Engkaulah yang mengetahui segala - galanya  "  kata  para  malaikat dengan penuh takzim.   " Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama benda benda itu !"  Adam kemudian menyebut nama - nama benda yang diketahuinya. Para malaikat kagum. Mereka memberi hormat sehormat - hormatnya.  "  Bukankan sudah kukatakan, Aku mengetahui rahasia ? " firman Alloh SWT kepada para malaikat.  Alloh SWT kemudian memberikan sebuah tempat kepada Adam, sebuah tempat yang sangat nyaman dan sentosa yaitu surga. Tempat yang sangat indah, segala kebutuhan hidup telah tersedia. Kebun surga penuh dengan buah - buahan yang rasanya lezat. Air yang sungainya sangat jernih dan harum. Pohon  dan tumbuhan serta rumput seperti tertata rapi, teduh dan sangat nyaman sekali.

kisah dan sejarah Nabi dan Rasul Alloh perjalanan para Nabi dan Rasul Alloh di dunia

Diciptakannya Ibu Umat Manusia

      Adam merasa kesepian karena tak mempunyai teman atau pasangan. Padahal ia melihat semua binatang yang ada di surga itu hidup berpasang - pasangan. Rasa sepi dan sedih membuatnya letih. Adam pun tertidur pulas dibawah pohon yang teduh. Alloh SWT maha tahu,  Ia mengetahui pula yang tergerak di hati Adam yaitu ingin mempunyai teman. Maka selagi Adam tidur, Alloh SWT menciptakan manusia lagi yang diambil dari tulang rusuk Adam sendiri. Manusia itu lain jenisnya dengan Adam. Ia adalah seorang wanita. Dan dinamakan Hawa. Ketika Adam bangun tidur, ia pun terkejut. Adam mengusap - usap matanya. Wanita itu indah, cantik dan menakjubkan. " Siapakah engkau ? mengapa berada disini ? tanya Adam. Dengan tersenyum Hawa menjawab, Aku adalah Hawa yang diciptakan yang diciptakan untuk menjadi teman hidupmu."

       Betapa gembira hati Adam mendengar jawaban itu. Ia memuji dan bersyukur kepada Alloh SWT yang telah mengabulkan keinginannya sehingga ia tidak merasa kesepian lagi. Hawa telah ditakdirkan menjadi istri Adam. Sepanjang hari mereka bersuka ria di taman surga. Keduanya dapat bersenang - senang sepuas hati. Mereka boleh makan apa saja makanan dan buah - buahan yang tersedia di surga. Hanya satu yang dilarang oleh Alloh SWT yaitu tidak boleh makan buah khuldi.


kisah dan sejarah Nabi dan Rasul Alloh perjalanan para Nabi dan Rasul Alloh di dunia

2. Kisah Nabi Idris AS

    Nabi Idris AS adalah keturunan keenam dari Nabi Adam AS. Menurut riwayat, Nabi Idris AS bermukim di Mesir. Berdakwah untuk agama Alloh SWT. Mengajarkan tauhid dan beribadah kepada Alloh SWT. Serta memberi petunjuk kepada pengikutnya agar senantiasa menepati kebenaran, menyelamatkan diri dari siksaan akhirat dan kehancuran serta kebinasaan di dunia.
Konon Ia diangkat menjadi Rasul ketika berumur delapan puluh dua tahun diantara beberapa nasihatnya ialah :

*  Kesabaran yang disertai keimanan kepada Alloh
    akan membawa kemenangan.
*  Orang yang bahagia adalah orang yang mawas
    diri dan mengharap syafaat Alloh SWT dengan
    amalan - amalan shalehnya.
*   Jangan bersumpah dalam keadaan kamu
     berdusta dan jangan menuntut sumpah dari
     orang yang berdusta supaya kamu tidak   
     menyekutui mereka dalam dosa.
*   Janganlah mengiri orang yang mujur nasibnya
     karena mereka tidak akan banyak dan lama
     menikmati kemujuran nasibnya.
*   Barangsiapa melewati kesederhanaan
     ( berlebih - lebihan atau berfoya - foya) tidak
     sesuatu pun akan memuaskannya.
*   Kehidupan orang itu hendaknya mengandung
     hikmah.

     Disebutkan dalam suatu riwayat bahwa Nabi Idris AS adalah orang pertama yang mengajarkan tentang menjahit menata pakaian, ilmu Falak dan tulis menulis dengan pena. Menurut tafsir Ibnu Hatim, Nabi Idris wafat tak kala berada di langit keempat dan dibawa oleh malaikat. Tersebut dalam suatu ayat " Dan Ceritakanlah ( Hai Muhammad kepada mereka ) kisah Idris didalam Al Qur'an. Sesungguhnya ia adalah orang yang sangat membenarkan dan seorang Nabi dan kami telah mengangkatnya ke derajat yang tinggi " ( Al - Qur'an Surat Maryam ayat lima puluh enam sampai lima puluh tujuh )

     Konon demikian cerdiknya Nabi Idris AS ini sehingga Ia pernah melihat neraka dan surga. Ia ingin menetap di surga namun karena surga itu dihuni setelah hari kiamat maka ia tidak diperkenankan tinggal di surga.  Maka Ia hendak dikembalikan ke dunia. Nabi Idris AS tak mau kembali ke dunia karena nyawanya telah dicabut, maka ia milih tinggal di langit.


kisah dan sejarah Nabi dan Rasul Alloh perjalanan para Nabi dan Rasul Alloh di dunia



Comments